Pencarian

Custom Search

Monday, December 10, 2018

Masih Ada Darah Yesus


Renungan ini merupakan kitipan dari renungan harian Manna Sorgawi yang pertama kali terbit pada Hari Selasa, 24 September 2013. Semoga dapat memberikan pengetahuan yang baru mengenai Firman Tuhan yang akan semankin menguatkan kita dalam beriman.

Ayat Referensi 1 Yohanes 1:5-10


Renungan

Pada sebuah pensil, terutama pensil jaman dahulu, biasanya tersedia penghapus, yang dilekatkan pada ujung pensil tersebut. Pada jaman sekarang, kebanyakan pensil tidak memiliki penghapus di ujungnya, tetapi tersedia penghapus pensil yang dijual secara terpisah. Fungsi penghapus tersebut adalah untuk menghapus tulisan salah ketika sedang menulis. Demikian juga dengan al;at tulis seperti komputer, di dalam keyboardnya pasti tersedia alat penghapus, yang disebut dengan blackspace. Sama seperti penghapus pensil, fungsi blackspace ini adalah untuk menghapus tulisan yang salah ketika sedang mengetik di komputer. Mengapa harus disediakan penghapus untuk pensil atau blackspase untuk komputer? Alasannya adalah karena pembuat pensi atau komputer tahu bahwa ketika seseorang menggunakan pensil atau kommputernya, maka akan ada kesalahan menulis atau mengetik., sebab tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, ketika orang salah tulis atau salah ketik, ia tidak perlu membuang semua yang telah ia tulis atau ia ketik, tetapi cukup menghapus yang salah, lalu melanjutkan tulisan atau ketikannya. Jika ia salah tulis atau salah ketik lagi, ia kembali menghapus dengan penghapus atau dengan blackspace yang telah disediakan. Demikian seterusnya. Dengan demikian tentu saja kehadiran penghapus atau blackspace sangat membantu pekerjaan kita dalam menulis atau mengetik. Pekerjaan kita dipermudah. Namun, apakah ada orang yang dengan sengaja salah dalam menulis atau mengetik dengan alasan bahwa masih ada penghapus atau blackspace? Tentu saja tidak! Jika itu kita lakukan maka kita hanya membuang-buang waktu dan tenaga serta tidak akan pernah menyelesaikan apa yang kita tulis. Dan hanya orang bodohlah yang akan melakukan hal semacam itu.
Demikian juga halnya dengan kehidupan kekristenan kita. Jika kita menganalogikakan tindakan menulis atau mengetik dengan menjalani hidup kekristenan, maka ,penghapus atau blackspace adalah darah Yesus. Darah Yesus itulah yang menghapus segala dosa dan kesalahan kita ketika kita "salash tulis atau salah ketik" ddalam perjalanan iman kita. Tuhan menyediakan darah Yesus bagi orang percaya, karena Dia tahu bahwa kita bukanlah manusia yang sempurna. Tuhan tahu bahwa selama kita hidup di dunia ini, kita bisa saja jatuh dalam dosa. Itulah sebabnya Dia menyediakan "penghapus" bagi kita, yakni darah Yesus.
Namun, darah Yesus itu akan efektif menghapus dosa kita hanya jika kita mengakui dosa tersebut di hadapan Tuhan serta meminta ampun kepadaNya. Dan tentu saja darahNya tersedia bukan agar kita dengan sengaja berbuat dosa. Kita tidak boleh berpikir bahwa kita tidak apa-apa berbuat dosa karena toh masih ada darah Yesus yang akan menghapusnya! Orang yang berpikir seperti itu adalah orang bodoh yang tidak akan pernah maju di dalam pertumbuhan rohaninya, bahkan termasuk orang yang akan dihukum oleh Tuhan.

Doa :

Bapa Sorgawi, kami bersyukur karena darah Yesus selalu tersedia untuk menghapus dosa kami. Ajar kami untuk tidak menyalahgunakannya. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Kata-kata Bijak :

Darah Yesus tersedia bukan agar kita sengaja berbuat dosa, tetapi agar kita dipermudah menjalani hidup kita.
Tuhan Yesus memberkati kita Semua. Amin.

No comments:

Post a Comment

Hosting Unlimited Indonesia